Pages

Pengalaman Hidup Seorang Newbie

1 Tahun Sudah Saya Di PHK?

Assalamu'alaikum Wr Wb

Apa kabar teman2 semuanya?
Alhamdulillah akhirnya saya bisa kembali membuat postingan di blog saya yang sederhana ini. Kali ini saya ingin berbagi cerita sedikit mengenai perjalan saya hingga saat ini bisa menekuni bisnis olnline dan alhamdulillah sudah bisa menghasilkan kurang lebih 2-3 jutaan perbulan.

Kemarin tepatnya tanggal 17 Okt 2009 adalah hari yang tak kan pernah saya lupakan. Kenapa? Sebab tanggal 17 Okt 2009 merupakan hari dimana saya terakhir bekerja di sebuah perusahaan otomotif terbesar di Indonesia (ATPM). Sudah 5 tahun lebih saya mengabdi disana namun akhir dari semua yang saya dapatkan sungguh menyedihkan. Teman2 pasti bertanya, kok menyedihkan kenapa? Melalui blog ini saya ingin sharing.

Pada tanggal 17 Okt 2009 kemarin genap 1 tahun saya di PHK sepihak oleh perusahaan ditempat waktu itu saya bekerja. Sungguh menyakitkan, tapi itulah hidup. Dimana kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari. Dan saya yakin Allah masih cinta sama hambanya yang satu ini. Pasti ada hikmah dibalik ini semua. Saya di PHK disebabkan karena atasan saya yang baru tidak suka dengan saya. Bahkan jabatan saya pada waktu itu pun tidak diperpanjang alias dicabut. Insya allah saya ikhlas menerima kenyataan ini. Setelah itu saya dicari-cari kesalahan biar bisa keluar dari perusahaan. Kejam memang tapi itulah dunia kerja, dimana ada oknum yang tidak menyukai kita sebisa mungkin dia akan menendang kita agar tidak lagi berinteraksi dengan kita.

Namun allah masih sayang sama saya, kejadian demi kejadian saya lewati dengan lapang dada. Caci maki dari atasan sering terlontar dari mulutnya ke saya saat saya membuat kesalahan kecil. (Ya allah ampunilah atas apa yang atasan saya lakukan terhadap saya, ampuni kekhilafannya).
Itulah yang namanya sudah dibenci, mencari-cari kesalahan meskipun kecil. Bahkan hampir tiap minggu saya diadukan ke HRD akan masalah ini dan dipanggil. Allah menampakan kebesarannya, tiap kali saya dipanggil menghadap HRD, allah memberikan kelancaran saya dalam menjelaskan akan kenyataan yang terjadi saya dengan atasan saya. Sebenarnya pihak HRD pun tahu siapa sebenarnya yang benar. Namun karena kebentur dengan birokrasi akhirnya teman2 pasti paham siapa yang akan dibela habis2an. Kejadian itu berlangsung dari bulan Feb 2009.

Bahkan sempat saya diusir dari ruangan tempat saya biasa ngantor. Saya disuruh duduk ditempat umum yang bisa dilihat oleh bawahan2 saya. Akan tetapi saya nolak, dan saya adukan ke HRD. Diambil jalan tengah, saya sementara menempati sebuah ruangan dilantai 2 bareng sama teman2 departemen lain. Selama 5 hari saya seperti dipenjara/disetrap. Tidak ada lagi kerjaan yang diberikan ke saya. Aktivitas saya waktu itu hanya datang duduk menunggu bel pulang tiba. Begitu seterusnya. Kemudian saya dipanggil oleh pihak HRD disuruh kembali ke departemen saya kembali untuk bekerja sebagaimana biasanya. Disitu saya diberi tanggung jawab kembali oleh bos saya utk memimpin kembali, namun bagian yang diberikan ke saya skupnya kecil. Saya dipasrahi untuk mengawasi produksi. Saya jalankan amanah ini. Tiap jam kerja berakhir saya selalu pulang (biasanya untuk level staff pulang setiap harinya jam 18.00 wib) itu berlangsung tiap hari. Akhirnya saya dilaporkan kembali ke HRD yang menyangkut masalah kepulangan saya tiap jam kerja usai. Lali saya jawab dengan kenyataan yang ada. Saya tidak diberi lagi pekerjaan, yang diintruksikan hanya menangani masalah produksi. Ya kalo produksi sudah selesai, saya pulang.

Dari kejadian2 yang tersebut yang mana saya sedang diincar saya hampir tiap malam bermunajat kehadirat Allah untuk minta perlindaungan dan pertolongan. Bahkan saya sempat waktu itu dipanggil pleh pihak HRD, disitu saya berhadapan dengan manager dan GM nya langsung. Tahu apa yang diomongin? Ya, saya ditawari untuk mengundurkan diri dengan iming2 uang jasa sekian persen. Dan disitu saya menolak mentah2 bahwa saya masih ingin bekerja dan salah saya apa kok saya disuruh keluar? Kenapa tidak bos saya aja yang disuruh keluar? Gak adilkan? Akhirnya mental juga strategi perusahaan untuk menyingkirkan saya. Kemudian saya kontak pihak DPR pusat dan DPRD setempat melaporkan akan permasalahan yang sedang saya hadapi. Dan ada yang terjadi teman2 setelah tau saya melaporkan kejadian tersebut ke pihak DPR/DPRD? Takut! Itulah yang bisa saya lihat dan rasakan.

Singkat cerita, saya dipecat sepihak oleh perusahaan dan melalui debat yang alot soal pesangon akhirnya perusahaan deal dengan aturan yang ada meski sebelumnya memberikan tidak sesuai dengan aturan yang ada. Dan pada tanggal 17 Okt 2009 saya menandatangani surat PHK saya beserta surat keterangan kerja. Setelah semuanya beres, saya berencana untuk pamitan ke teman2. Namun saya tidak diperbolehkan oleh pihak HRD, saya disuruh pamitan pas jam kerja selesai. HHmmmm....maksudnya apa ya?

Dengan waktu yang ada saat itu, saya hanya bisa berpamitan ke beberapa temen yang saya jumpai waktu itu. Tak kuasa saya menangis dihadapan teman2 saat saya mengucapkan kata berpisah. Sungguh 5 tahun adalah waktu yang cukup panjang untuk saling berinteraksi. Sudah banyak aktivitas yang saya lakukan dengan teman2 kerja yang penuh kenangan, dan akhirnya harus mengucapkan kata berpisah. Selamat jalan teman2, insya allah kesuksesan menyertai kita. Amin.

Itulah sekelumit pengalaman hidup saya, yang nantinya bakalan saya ceritakan ke anak cucu saya kelak agar bisa mensikapi kehidupan ini dengan lapang dada dan ikhlas.
Saya bersyukur, setelah saya keluar dari rutinitas yang sangat menjemukan saya kenal dengan yang namanya bisnis online. Ya, semenjak kenal dengan bisnis online saya semakin jatuh cinta. Dengan semangat saya mempelajarinya, dan membaca artikel2 yang ada bahwa bisnis online pun bisa dijadikan pegangan hidup untuk mencari nafkah. Selama 3 bulan full saya belajar, dan alhamdulillah sudah mulai menampakkan hasilnya meski belum besar. Lambat namun pasti, dengan giat dan disiplin ilmu tentang bisnis online bisa saya serap. Dan alhamdulillah banget saya menemukan seorang guru yang dengan baik hati sekali membimbing saya agar bisa sukses di bisnis online.
Segala teknik dan strategi dia transfer ke saya. dan inilah hasilnya sekarang dari belajar bisnis online. Saya sudah bisa menghasilkan perbulannya sekita 2-3jt an dari bisnis online yang saya jalankan.

Bagi teman2 yang ingin memiliki penghasilan tambahan, ayo buruan untuk belajar bisnis online. Gampang kok, gak repot + ribet.....(hehehehe....promosi nich). Cuma butuh waktu 1 jam aja untuk membangun kerajaan bisnis online kita, setelah itu kita tinggal maintenace aja yang hanya butuh 20 menit aja kok. Seperti saya ini, sehari kerja cuma 20 menit bisa menghasilkan jutaan rupiah.
Tertarik....??? Kontak saya aja langsung, modal paling berapa sih...gak nyampe 500 ribu. Itu hanya untuk beli panduan aja, sekali seumur hiduppp..hehehehe....
Wah tak terasa ya sudah lama saya menulis dan tak terasa air mata sudah mengering akibat mengenang kejadian setahun yang lalu.

Saya ingin ucapkan pada teman2 yang belum saya pamiti, saya minta maaf lahir batin dan terima kasih atas kerja samanya saat saya masih kerja di perusahaan otomotif. Semoga allah mempertemukan kita di lain waktu.

Sebelum saya mengakhiri, saya ingin memberitahukan bahwa kita dilindungi undang2. Semuanya telah diatur, bagi yang tidak tahu pasti kerugian akan menimpa kita tapi kalo kita tahu maju terus selama itu benar! Tiap perusahaan pasti ada yang mengawasi, jika bingung kita mau lari kemana untuk mencari jawaban coba berdiskusilah dengan anggota dewan setempat yang menangani masalah yang sedang dihadapi, insya allah dengan senang hati akan dibantu pemecahannya.

Tak lupa saya ingin mengucapkan ke :
Buat temen2 ku seperjuangan trims yah atas kerja samanya meskipun sdh resign : Ibnu, Anes, Bisma, Erwin

Buat : Buat Cecep + Kuslani cs trims atas supportnya dalam mencapai target produksi meski babak belur di maki2 oleh bos dan support mentalnya.

Buat leader2 semuanya, I miss u all guys

Buat semuanya yang tidak bisa saya sebutkan, trims yah...Yang ingin kontak saya silahkan, bisa memalui YM atau sms atau telp langsung. Aku tunggu yah.....

Salam hangat dan jabat tangan erat.....

Kardomo 'Ardo'
Internet marketer Freelance
==============================================
www.blogmasardo.blogspot.com
www.tokoalami99.blogspot.com
www.bajumuslimmurah-arini.blogspot.com
www.bisnissepatu-murah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar