Pages

Belajar Dari Kegagalan

Belajar Dari Kegagalan Untuk Menuju Kesuksesan

Belajar dari Kegagalan Untuk Menuju Kesuksesan. Dalam hidup ini kita pasti sudah pernah merasakan kegagalan. Kegagalan adalah sesuatu yang belum sesuai dengan harapan kita.

Sejak dari kecil sampai kita besar seperti sekarang ini kita sudah pernah merasakan kegagalan. Apapun bentuknya yang kita kerjakan yang belum sesuai dengan harapan kita atau rencana kita, itu merupakan kegagalan/failure. Dan saya yakin kita semua pernah merasakan kegagalan. Dan dari kegagalan itulah kita bisa belajar dan mencoba lagi sampai akhirnya berhasil/sukses.

Memang jika kita lihat dari kejadian yang kita alami, sepertinya kegagalan itu merupakan proses untuk mencapai keberhasilan. Tapi … bukan berarti untuk sukses kita harus gagal dulu, bukan seperti itu maksudnya. Memang ada orang yang mengerjakan atau berbuat sesuatu langsung berhasil / sukses, tapi tidak semua yang dia kerjakan semuanya langsung sukses/berhasil. Pasti ada-ada saja pekerjaan yang mengalami kegagalan sebelum mencapai kesuksesan.

Begitu juga kita dalam menjalankan Bisnis Online, seperti yang sudah saya alami ada-ada saja kegagalan dalam melaksanakannya. Semua harapan yang tidak sesuai dengan rencana berarti itu merupakan kegagalan. Kalau saya sih lebih banyak gagalnya.

Nah dari kegagalan ini kita bisa belajar, evaluasi, introspeksi diri, kita bisa bertanya kenapa gagal, kenapa tidak berhasil.

Dari kegagalan yang kita alami, beberapa pertanyaan yang perlu kita tanyakan kepada diri kita sendiri. Mungkin usaha yang kita lakukan belum maksimal, maka kita harus menambah lagi usaha yang kita lakukan. Atau mungkin ada orang lain yang lebih sukses, maka kita juga harus bisa sukses, kita pegang prinsip kalau dia bisa, aku juga bisa.

Yang sudah pasti jika kita gagal pasti merasa kecewa. Ini wajar saja dan manusiawi, saya juga sering merasakan jika gagal pasti kecewa dan kadang putus asa.

Tapi rasa kecewa dan putus asa ini tidak boleh kita pelihara, kita harus tetap semangat dan cepat-cepat menghilangkan rasa kecewa dan putus asa tadi untuk segera bangkit dan berusaha lagi menuju kesuksesan.

Saya banyak membaca kisah-kisah orang sukses dan kebanyakan dari mereka memang pernah mengalami kegagalan. Dan dari kegagalan tersebut mereka tetap berusaha sampai akhirnya sukses dan berhasil. Tetap semangat.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar